Example floating
Example floating
Example 728x250
HeadlineKaurNasional

Pemkab Kaur Ikuti Kick Off Meeting Evaluasi AKIP dan ZI Tahun 2024

125
×

Pemkab Kaur Ikuti Kick Off Meeting Evaluasi AKIP dan ZI Tahun 2024

Sebarkan artikel ini

Laporan : Buyung Rahim

Selasa, 28 Mei 2024

Bidik.Info, Kaur – Dalam upaya meningkatkan nilai Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah ( AKIP ) dan Zona Integritas ( ZI ). Tim AKIP dan ZI Pemerintah Daerah (Pemda) kabupaten Kaur mengikuti kegiatan Kick Off Meeting Evaluasi AKIP dan ZI Tahun 2024 melalui Live Streaming Youtube, yang dihadiri langsung oleh Asisten II, III, Inspektur Daerah, Ka. BKDPSDM, Kadis Sosial, Kadis Perikanan, Kadis Kominfotiksandi, Kadis Dukcapil, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan dan Perwakilan OPD lainnya yang tergabung dalam Tim Manajemen Kinerja, AKIP dan ZI dilingkungan Pemda Kabupayen Kaur. Bertempat di Aula Lantai 3 Sekretariat Daerah, Selasa (28/5/2024 ).

Dalam acara Kick Off Meeting itu banyak hal yang dibahas diantaranya tentang pencapaian nilai AKIP dan ZI selama tahun 2023, serta hal – hal yang perlu dilakukan oleh Tim AKIP dan ZI baik dari Kementerian, Lembaga maupun Pemerintah Daerah. Selain itu dalam acara tersebut juga dijelaskan mengenai informasi fokus SAKIP dan ZI serta proses penyusunan dokumen AKIP yang baik dan berorientasi hasil.

Pada kesempatan itu Deputi Bidang Reformasi Birokrasi Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kementerian PAN-RB Prof. Dr. Erwan Agus Purwanto, M. Si membuka langsung acara Kick Off Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah ( AKIP ) dan Zona Integritas ( ZI ) Tahun 2024 dilingkungan Kementerian, Lembaga dan Pemerintah Daerah. Dalam sambutannya Deputi Bidang RB Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan mengatakan bahwa kegiatan Kick Off Evaluasi AKIP dan ZI ini merupakan agenda rutin KemenPAN-RB setiap tahunnya untuk mengetahui sejauhmana implementasi AKIP dilaksanakan sebagai upaya untuk mendorong pencapaian kinerja yang fokus, tepat sasaran dan berorientasi hasil.

“Berdasarkan data yang kami terima, nilai rata – rata SAKIP di Kementerian, Lembaga dan Pemerintah Daerah untuk tahun 2023 kemarin telah mengalami peningkatan jika dibanding dengan tahun sebelumnya yakni tahun 2022. Untuk itu mari kita bersinergi dan berkolaborasi untuk terus meningkatkan pencapaian terbaik secara berkelanjutan “, ujar Erwan.

Erwan menambahkan dibalik peningkatan itu kita masih menemukan sebagian kecil masalah AKIP di Kementerian, Lembaga dan Pemerintah Daerah yang nilainya belum maksimal. Untuk itu kami berharap saran dan rekomendasi perbaikan dari Tim Evaluasi  dilaksankan dengan baik. Terutama dari segi Pohon Kinerja di setiap Instansi harus sesuai dengan visi dan misi pemerintah jangan sampai ada ego sektoral didalamnya.

Diakhir sambutanya Deputi Bidang Reformasi Birokrasi Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan menekankan supaya setiap Kementerian, Lembaga dan Instansi didalam Pemerintah Daerah untuk berusaha dan bersinergi dalam pengimplementasian AKIP dan ZI yang tepat sasaran dan berorientasi hasil guna menjawab spekulasi dan persepsi buruk dari masyarakat terhadap kinerja Pemerintah. Tunjukkan kinerja terbaik dan teruslah memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat demi terciptanya pemerintahan yang bersih, berintegritas, adil dan sejahtera.

Sehubungan dengan adanya acara Kick Off Evaluasi AKIP dan ZI Tahun 2024 ini, Pemerintah Daerah Kabupaten Kaur melalui pejabat Fungsional Perencanaan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan ( BAPPEDA-LITBANG ) Marsan Irianto, S. Sos optimis nilai SAKIP Pemerintah Daerah Kabupaten Kaur akan lebih baik di tahun 2024 ini.

Kita harus optimis nilai SAKIP kita ditahun ini akan lebih baik, karena kita telah berusaha melakukan apa yang disarankan dan direkomendasikan oleh Tim Evaluasi KemenPAN-RB terkait perbaikan dokumen SAKIP, dan saat ini kita telah menyiapkan sejumlah OPD untuk dijadikan sample dalam presentasi ke KemenPAN-RB nanti “, ujar Marsan.

Ia melanjutkan setidaknya ada sepuluh OPD yang ada di Pemerintah Daerah Kabupaten Kaur ini yang akan dijadikan Sample pengimplementasian SAKIP dan ZI pada Kementerian PAN-RB nanti. Saat ini sejumlah OPD tersebut telah menyampaikan dokumen – dokumen SAKIP nya, dan tinggal menunggu paparan – paparan dari OPD sebagai pendukung kelengkapan dokumen.

Editor : Redaksi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *